1. Dibawah ini
adalah kriteria pemilihan algoritma, kecuali :
a. Ada Output,
b. Efektifitas
dan Efesiensi,
c. Jumlah
Langkahnya tidak Berhingga, (T)
d. Berakhir,
e.
Terstruktur,
2. Fase dari
proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan disebut
:
a. Fase
Profilling d. Fase Debugging (T)
b. Fase Running e. Fase Intrerpreter
c. Fase
Compilling
pembahasan:
- Fase Profilling yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar ( sudah melalui proses / fase debugging)
- Fase Running yaitu fase
- Fase Compilling yaitu
- Fase Intrepreter yatu
3.
Fase yang akan bekerja jika program tersebut
sudah benar disebut dengan :
a. Fase
Profilling (T) d. Fase Debugging
b. Fase Running e. Fase Intrerpreter
c. Fase
Compilling
4. Hal-hal yg dapat
mempengaruhi waktu tempuh (Running Time) adalah kecuali
a. Banyaknya langkah.
- Besar dan jenis input data.
- Jenis Operasi.
- Komputer dan kompilator
- Besarnya memori (T)
5.
Dibawah ini adalah sifat-sifat algoritma,
kecuali :
- Banyaknya Langkah Instruksi tidak Berhingga, (T)
- Langkah atau Instruksi harus Jelas,
- Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
- Input dan Output harus mempunyai Batasan,
- Efektifitas,
Pembahasan :
Sifat-sifat algoritma banyaknya langkah instruksi harus berhingga bukan
sebaliknya.
6. Diketahui P=10, Q=15 dan R=20.
Diberikan Algoritma P=Q,Q=R, mk
Nilai P sekarang?
- 10 d. 30
- 15 (T) e. 40
- 20
Pembahasan : P = Q Q = R
P =15 Q
= 20
P = {15}
7. Dari soal no 7, nilai Q dan R
sekarang adalah
- 10 dan 15 d. 20 dan 20 (T) c. 20 dan 30
- 15 dan 20 e. 40 dan 15
8. Diketahui Algoritma P=50, P=P+20 dan Q = P
Berapakan Nilai P dan Q ?
- 50 dan 70 d. 70 dan 20
- 70 dan 80 e. 70 dan 75
- 70 dan 70 (T)
Pembahasan :
P=50, P=P+20, cetak p, Q=P, cetak Q
50
, 50+20, 70
, 70, 70
9. Berikut ini
yang bukan merupakan Tipe data Sederhana pada C++ adalah :
a. Int, d. Tipe Float
b. Array (T) e. Char
c. Bool,
10. Berikut ini
yang merupakan Tipe data Terstruktur pada C++ adalah :
a. Int, d. Tipe Float
b. Array (T) e.
Char
c. Bool,
Pembahasan :
- Tipe data sederhana = int, bool char & float
- Tipe string = oprasi string
- Tipe data terstruktur = array , struct
11. Suatu besaran yang digunakan untuk
menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat diubah selama eksekusi
berlangsung sering disebut dengan :
a.
Pointer d. Variabel (T)
b.
Type
data e. Token
c.
Konstanta
Pembahasan :Variabel :
•
Untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya
dapat diubah selama eksekusi berlangsung.
•
Penamaan variabel bersifat case sensitive (huruf
besar & huruf kecil dianggap berbeda).
•
Harus dideklarasikan dahulu sebelum digunakan
Contoh
: int alas, tinggi ;
tipe data, variable
12. Suatu besaran yang digunakan untuk
menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya bersifat tetap selama
eksekusi berlangsung sering disebut dengan :
a.
Pointer d. Variabel
b.
Type
data e. Token
c.
Konstanta
(T)
Pembahasan :Konstanta :
Sebuah
variabel dengan tipe data tertentu dan memiliki
nilai data yang akan selalu tetap di dalam program.
Contoh
: float phi;
const
phi=3.14;
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
13. Tipe data
yang nilainya tidak memiliki titik desimal disebut dengan
a. Int (T) d. Tipe Float
b. Array e. Char
c. Bool,
Pembahasan :Tipe
int : tipe
data yang nilainya tidak memiliki titik desimal.
14. Tipe data
yang nilainya merupakan pecahan disebut
a. Int, d. Tipe Float (T)
b. Array e. Char
c. Bool,
Pembahasan :
- Tipe int : tipe data yang nilainya tidak memiliki titik desimal.
- Tipe float : tipe data yang nilainya merupakan pecahan(memiliki titik desimal).
- Tipe Bool : nilai pengambilan suatu keputusan pada program, tipe ini mempunyai 2 nilai yaitu benar(T) atau salah (F). Operator yg digunakan AND, OR atau NOT.
- Tipe Char : digunakan untuk menampung data sebuah karakter. untuk menuliskan tipe char, karakter perlu ditulis di dalam tanda petik tunggal ( ‘ )
15. Operator
matematik yang digunakan untuk melakukan fungsi pemangkatan adalah
a. sqrt d. pos
b. srt e.
Pow (T)
c. pom
pembahasan :
pow = pemangkatan
sqrt = Menghitung
akar
% = Sisa hasil bagi
(modulus)
* , / = Perkalian,
Pembagian
+ , - = Penjumlahan, Pengurangan
16. Operator matematik yang digunakan untuk melakukan
pencarian akar adalah
a. sqrt (T) d. pos
b. srt e.
pow
c. pom
17. Tipe data yang
hanya mengenal 2 keadaan, yaitu 1 dan 0 disebut dengan
a. Int, d.
Tipe Float
- Array e. Char
- Bool, (T)
18. Operator yang
digunakan dalam Type data boolean adalah kecuali
a. AND d.
XNot
b. Or e.
XOr
c. Not
19. Type data yang
digunakan untuk menampung data sebuah karakter adalah
a. Int, d.
Tipe Float
- Array e. Char (T)
- Bool,
20. Type data yang merupakan sekumpulan dari beberapa karakter, yang
banyaknya berubah-ubah sesuai kebutuhan,besarnya 1 s/d 255 karakter.
a. Int, d.
Tipe Float
- String (T) e. Char
- Bool
21. Fungsi operasi string yang digunakan untuk menyalin
nilai string adalah
a. Strcpy (T) d Strlen
b. Strcat e. Strchr
c. Strcmp
pembahasan :Fungsi pada Operasi STRING
- Strcpy() untuk menyalin nilai string.
- Strcat() untuk menggabungkan nilai string.
- Strcmp() untuk membandingkan 2 nilai string.
- Strlen() untuk mengetahui panjang nilai string.
- Strchr () untuk mencari nilai karakter dalam string.
22.Fungsi operasi string yang digunakan untuk mencari nilai karakter dalam
string adalah
a. Strcpy d Strlen
b. Strcat e. Strchr (T)
c. Strcmp
23.Fungsi operasi string yang digunakan untuk mengetahui panjang nilai
string adalah
a. Strcpy d Strlen (T)
b. Strcat e. Strchr
c. Strcmp
24.Fungsi operasi string yang digunakan untuk membandingkan 2 nilai string
string adalah
a. Strcpy d Strlen
b. Strcat e. Strchr
c. Strcmp (T)
25.Fungsi operasi string yang digunakan untuk untuk menggabungkan nilai
string adalah
a. Strcpy d Strlen
b. Strcat (T) e. Strchr
c. Strcmp
26. Dibawah ini
adalah Contoh dari implementasi Fungsi Rekursif kecuali
- Fungsi pangkat
- Faktorial
- Fibonancy
- Menara Hanoi
- Nested If (T)
27.Yang termasuk dalam struktur looping
adalah
a.
If
b.
If else
c.
While (T)
d.
Nested if
e.
Switch…Case
28. Yang bukan termasuk struktur brancing
adalah
a.
If
b.
If else
c.
While (T)
d.
Nested if
e.
Switch…Case
29. Kondisi percabangan yang berarti jika
kondisi bernilai benar maka perintah akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi
syarat maka akan diabaikan adalah
a. If (T)
b.
If else
c.
While
d.
Nested if
e.
Switch…Case
30. Kondisi percabangan yang berarti jika kondisi
bernilai benar maka perintah pertama akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi
syarat maka perintah ke dua yang akan dilaksanakan adalah
a. If
b.
If else (T)
c.
While
d.
Nested if
e.
Switch…Case
31. Pernyataan percabangan yang dirancang
khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau
banyak alternative adalah
a. If
b.
If else
c.
While
d.
Nested if
e.
Switch…Case (T)
32. Yang bukan merupakan struktur looping
adalah
a.
If (T) d. For
b.
While e.
Nested For
c.
Do..While
33. Pengujian akan dilaksanakan terlebih
dahulu baru perulangan akan dilaksanakan, adalah perulangan…
a.
If d.
For
b.
While (T)
e.
Nested For
c.
Do..While
34. Perulangan akandikerjakan terlebih
dahulu, baru akan melakukan cek kondisi. Adalah perulangan…
a.
If d.
For
b.
While e.
Nested For
c.
Do..While (T)
35. Gambar
tersebut merupakan sebuah symbol flowchart yang disebut dengan
a.
Process d. Output
b.
Conector e. Decision (T)
c. Input
36.
Gambar tersebut merupakan sebuah
symbol flowchart yang disebut dengan
a. Process d.
Output
b. Conector e.
Decision
c. Terminal(T)
37. Simbol Flowchart
yang digunakan untuk menyambung flowchart di halaman yang sama adalah
a. Terminal d. Process
b. On Page Connector (T)
e. On Line Connector
c. Off Page Connector
38. Simbol Flowchart
yang digunakan untuk menyambung flowchart di halaman berikutnya adalah
a. Terminal d. Process
b. On Page Connector (T)
e. On Line Connector
c. Off Page Connector
39. Struktur
Flowchart yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah disebut dengan
a. Struktur Branching d. Struktur Perulangan
b. Struktur Looping e. Struktur Sequence (T)
c. Struktur Selection
40. Struktur
Flowchart yang alurnya memungkinkan terjadinya pemutaran kembali ke proses
sebelumnya disebut dengan
a. Struktur Branching d. Struktur Sederhana
b. Struktur Looping (T) e.
Struktur Sequence
c. Struktur Selection
Tidak ada komentar:
Posting Komentar